Visi:

Menjadi sepuluh besar Program Studi Sistem Informasi unggulan di tingkat kopertis wilayah III berbasis Standar Akreditasi Prodi BAN PT pada tahun 2020 dan menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi profesional dibidang teknologi informasi dan komunikasi.

Misi:

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi di bidang sistem informasi yang mengacu pada standar mutu nasional BAN PT dan mengikuti trend perkembangan TIK di tingkat internasional.
  2. Menyelenggarakan penelitian di bidang ilmu sistem informasi yang memberikan kontribusi terhadap perkembangan dan pemanfaatan TIK di masyarakat.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang berbasis pemanfaatan hasil penelitian di bidang sistem informasi.
  4. Membangun kompetensi dosen sesuai standar nasional untuk menunjang pengembangan kurikulum program studi berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
  5. Membangun budaya akademik yang menerapkan standar dan peraturan nasional perguruan tinggi yang mampu mengikuti perkembangan iptek di bidang sistem informasi.

Tujuan:

  1. Menghasilkan lulusan yang ahli di bidang sistem informasi berbasis Capaian Pembelajaran Lulusan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan memiliki kemampuan untuk mengembangkan keilmuan sistem informasi secara lebih maju dan berkarakter profesional dan berbudi pekerti yang luhur.
  2. Menghasilkan topik-topik penelitian dibidang sistem informasi yang berorientasi pada kontribusi pengembangan IPTEK dan luaran publikasi nasional dan internasional bereputasi.
  3. Menghasilkan kegiatan-kegiatan pengabdian masyarakat yang berorientasi pada kontribusi IPTEK pada masyarakat.
  4. Menghasilkan dosen tetap prodi yang menguasai keilmuan bidang sistem informasi mengacu pada perkembangan keilmuan secara global.
  5. Menciptakan budaya akademik yang menerapkan standard dan peraturan nasional perguruan tinggi yang mampu mengikuti perkembangan iptek di bidang sistem informasi.

Sasaran:VMTS

    1. Berhasil mengimplementasikan kurikulum berbasis KKNI yang menunjukkan keunggualan program studi Sistem Informasi dalam bidang Sistem Informasi Bisnis dan pendidikan berbasis karakter, integritas dan soft skill.
    2. Berhasil melengkapi lulusan program studi Sistem Informasi dengan SKPI melalui sistem pembinaan SKPM.
    3. Menciptakan prestasi mahasiswa yang mampu mencapai prestasidibidang IT di tingkat Nasional
    4. Menghasilkan lulusan dengan minimal 75% lulusan mencapai IPK ≥ 3,00.
    5. Menghasilkan lulusan dengan minimal 75% lulusan mendapat nilai skripsi A.
    6. Menghasilkan lulusan dengan masa studi selama delapan semester minimal sebesar 100% dari setiap angkatan.
    7. Memperpendek masa tunggu lulusan < 6 bulan sebesar 75% dari jumlah lulusan
    8. Menghasilkan lulusan dengan minimal 75% alumni yang mempunyai pekerjaan sesuai dengan bidang IT
    9. Menghasilkan lulusan yang mampu meneruskan ke jenjang S2 di bidang TIK
    10. Menghasilkan lulusan yang mampu berwirausaha di bidang IT
    11. Menghasilkan lulusan yang memiliki sertifikat TOEFL dengan score minimal 450 sebanyak 60%
    12. Menghasikan lulusan yang memiliki sertifikasi internasional di bidang IT sebanyak 60%
    13. Memiliki dosen dengan gelar strata tiga (S-3) sebesar 30% dalam waktu 5 tahun.
    14. Menghasilkan publikasi ilmiah nasional terakreditasi dan internasional bereputasi sebanyak 100% jumlah dosen tetap setiap tahun.
    15. Mendapatkan dana hibah penelitan dan pengabdian masyarakat dari sumber luar (dikti dan instansi pemerintah) sebanyak 6 judul pertahun
    16. Meningkatkan nilai akreditasi Prodi SI dari B menjadi A

Strategi:

  1. Upgrading kurikulum berbasis kompetensi menuju KKNI dengan menekankan pada pengembangan setiap bidang keahlian/kekhususan program studi serta sistem evaluasi dan pengembangan yang mengacu pada trend kemajuan TIK secara global.
  2. Melakukan koordinasi yang aktif untuk assesment, planning, controlling, dan evaluating terhadap program-program kerja tahunan program studi yang tersusun dalam Rencana Operasional Program Studi.
  3. Menerapkan pola pembimbingan akademik mahasiswa yang interaktif dengan memanfaatkan PA-Online.
  4. Menerapkan sistem administrasi akademik yang dapat menjadi media pengukur indeks kinerja dosen.
  5. Memanfaatkan sistem perkuliahan yang didukung oleh media internet (on-line) sebagai materi tambahan dan media interaksi dosen dan mahasiswa.
  6. Melakukan penataan sumber daya akademik program studi berdasarkan kompetensi dan pengembangan bidang minat keahlian/kekhususan
  7. Menerapkan sistem pembinaan sumber daya akademik dosen berbasis peningkatan kompetensi, profesionalisme, dan kesejahteraan.
  8. Meningkatkan kesejahteraan dosen dan tenaga kependidikan secara bertahap.
  9. Menerapkan sistem penghargaan (rewards) yang mengacu pada jabatan fungsional dan kompetensi.
  10. Melakukan penambahan sumber daya akademik (dosen) untuk meningkatkan daya tampung mahasiswa baru.
  11. Mengalokasikan anggarandana yang cukup untuk dosen-dosen yang hendak melanjutkan ke jenjang pendidikan S3 di universitas yang bereputasi dalam negeri maupun luar negeri.
  12. Mengalokasikan anggaran dana kegiatan mahasiswa yang berorientasi pada penguatan akademik, profesionalisme, dan soft skill.
  13. Mengalokasikan anggaran dana insentif publikasi yakni sebesar Rp. 4.000.000 untuk publikasi nasional dan Rp. 8.000.000 untuk publikasi internasional dan berlaku untuk setiap makalah yang berhasil accepted.
  14. Mengalokasikan anggaran dana insentif Hak Cipta sebesar Rp. 2.000.000 untuk setiap produk.
  15. Menyusun program penugasan belajar S3 untuk dosen-dosen pada program studi, yakni setiap tahun minimal 2 orang dengan dukungan dana Rp. 13.000.000 per semester, bantuan disertasi, dan buku.
  16. Meningkatkan kapasitas laboratorium sebagai basis aktifitas riset dan aktifitas ilmiah mahasiswa dengan penambahan sarana dan prasarana.
  17. Melakukan koordinasi yang aktif dengan LPPM Universitas Nasional untuk memberikan kesempatan bagi dosen-dosen pemula dalam memulai aktifitas penelitian.
  18. Menyelenggarakan program Coaching Clinique untuk proposal hibah penelitian, pengabdian kepada masyarakat, Paten HAKI, dan publikasi internasional.
  19. Menjajaki kerjasama dengan institusi luar untuk melakukan benchmarking dan pengembangan pendidikan dan penelitian.
  20. Menyelenggarakan kegiatan pelatihan rutin setiap akhir semester untuk meningkatkan skill mahasiswa dan dosen di bidang TIK.
  21. Melakukan koordinasi aktif dengan Unit/Badan Penjaminan Mutu di fakultas dan Universitas Nasional untuk melakukan evaluasi pencapaian standard mutu.
  22. Menerapkan kebijakan promosi yang aktif bersama program studi dan bekerja sama dengan MPR (Marketing & Public Relation) Universits Nasional untuk meningkatkan animo mahasiswa baru di wilayah Jabodetabek yakni dengan menyelenggarakan program Try-Out UAN On-line untuk SMA dan SMK sebagai salah satu daya tarik kegiatan promosi.
  23. Menerapkan peraturan pembinaan soft-skill mahasiswa yang berorientasi pada peningkatan kompetensi profesional dan ilmiah.
  24. Berupaya aktif untuk mendapatkan dana hibah institusi Kemristekdikti untuk pengembangan fakultas.
  25. Melakukan benchmarking pada universitas/institusi yang telah berhasil menerapkan sistem akademik unggulan.
  26. Menyediakan sistem informasi yang dapat dijadikan sebagai backbone pengolahan data dan penyediaan layanan informasi untuk mendukung kinerja tata kelola institusi yang unggul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.